Halaman

Sabtu, 14 Desember 2013

MENGENAL TATA SURYA



mmm...., mungkin teman-teman sudah pernah mendapat mata pelajaran sewaktu duduk di bangku SD dulu yang membahas tentang Tata Surya.
Apa sih Tata Surya itu?

Tata Surya (Solar System) adalah kumpulan dari benda-benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari serta semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Objek tersebut termasuk 8 buah planet yang sudah diketahui dengan orbit yang berbentuk ellips, 5 buah planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, serta jutaan benda langit lainnya (Asteroid, Meteor, Komet, dan sebagainya)

Tata Surya terbagi menjadi Matahari sebagai Pusatnya, 4 buah Planet bagian dalam (Planet Terrestrial), 4 buah planet bagian luar (Planet Jovian) dan di bagian terluar adalah sabuk kuiper dan piringan tersebar..., Awan Oort (Oort Cloud) diperkirakan terletak di daerah terjauh yang berjarak sekitar seribu kali pada bagian yang terluar.

Berdasarkan jaraknya dari Matahari, kedelapan planet anggota Tata Surya kita antara lain:
1. Merkurius (57.9 juta km)
2. Venus (108 juta km)
3. Bumi (150 juta km)
4. Mars (228 juta km)
5. Jupiter(779 juta km)
6. Saturnus (1430 juta km)
7. Uranus (2880 juta km)
8. Neptunus (4500 juta km)


Sejak pertengahan tahun 2008, ada 5 buah objek di luar angkasa yang diklasifikasikan sebagai Planet Kerdil. orbit planet kerdil tersebut, kecuali Ceres yang berjarak sekitar 415 juta km dari Matahari yang terletak disabuk asteroid, dahulu diklasifikasikan sebagai planet ke lima, Pluto yang berjarak sekitar 5906 juta km dahulu juga diklasifikasikan sebagai planet ke sembilan dalam tata surya. Haumea (dengan jarak sekitar 6450 juta km), Makemake (dengan jarak sekitar 6850 juta km), serta Eris (dengan jarak 10100 juta km).

 
Enam dari ke delapan planet serta tiga dari kelima planet kerdil itu dikelilingi oleh satelit "alami" yang disebut "bulan". sesuai dengan namanya, (Bulan sebagai satelit alami Planet Bumi). masing-masing planet bagian luar dikelilingi oleh cincin planet yang terdiri dari gas, debu, es serta partikel lain.


Sekian semoga bermanfaat...!










Tidak ada komentar: