Halaman

Jumat, 13 Desember 2013

ASTRONOMI ITU MUDAH, NGGAK HARUS MAHAL

ASTRONOMI....

Apa sih yang ada dibenak kalian tentang ilmu yang satu ini..?

Astronomi..! yaah.... mendengar dari namanya saja pasti yang terbayang adalah seorang astronot yang terbang menjelajah luar angkasa dengan mengendarai  Apollo, menjelajah ke bulan, terus apalagi..., langit malam yang bertaburan bintang dengan kelap-kelipnya.., serta beberapa objek yang ada di luar angkasa seperti Satelit, Planet, Asteroid, Komet dan sebagainya.
Mungkin bagi kebanyakan orang ilmu yang satu ini kurang diminati, karena mayoritas berpendapat Astronomi adalah ilmu yang sangat mahal.., butuh modal yang tidak sedikit (misal, punya binokuler, teropong bintang, harus kuliah jurusan sains, aplikasi simulasi langit dsb).

Astronomi termasuk ilmu yang langka. Karena tidak dijadikan mata pelajaran di sekolah. Hanya sebagai hidangan penutup di buku Fisika atau lucunya di buku Geografi (padahal astronomi merupakan cabang dari ilmu fisika).
Itulah penyebab sedikit orang yang berminat dengan ilmu ini. Padahal zaman yang semakin canggih menunjukkan semakin pentingnya ilmu ini. Untuk belajar astronomi pun terasa sulit karena jarang sekali ada guru astronomi dan sangat jarang ada buku-buku tentang astronomi. Buku tentang astronomi pun kebanyakan hanya di kota besar dengan harga yang lumayan mahal. Perguruan tinggi yang memiliki jurusan astronomi di Indonesia pun hanyalah satu,yaitu ITB (Institut Teknologi Bandung). Itulah mengapa ilmu astronomi itu kurang diminati oleh masyarakat.


Namun bagi saya, Astronomi bukanlah tipe ilmu yang seperti itu, justru astronomi adalah ilmu yang sangat mudah...., Astronomi itu tidak harus mahal, nggak harus kuliah jurusan astronomi,  punya Binokuler maupun Teropong bintang, cukup gunakan 2 buah bola mata anugerah ALLAH SWT. yaah.., minimal punya sedikit pengetahuan tentang beberapa objek di angkasa. ini juga bisa dijadikan tips bagi para pemula yang ingin belajar Astronomi.

Lantas, jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang objek-objek astronomi, kalian bisa mencari beberapa referensi dengan browsing di internet,mencari informasi tentang astronomi yang kalian inginkan.
berikut beberapa situs astronomi di indonesia:


1. http://kafeastronomi.com
2. http://langitselatan.com

3. http://astronesia.blogspot.com

 atau bisa bergabung dengan beberapa grup astronomi di facebook, diantaranya:

1. Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ)
2. Jogja Astro Club (JAC)
3. Surabaya Astronomy club (SAC)
4. Forum Astronom Amatir Indonesia (FAAI)
5. Amateur Astronomy Club - AAC
6. Dunia Astronomi
7. Kompas KUKAR 
dan masih banyak lagi.


atau cobalah akses website yang menyediakan pembahasan soal-soal astronomi. Salah satunya : http://soal-olim-astro.blogspot.com
 

Bila jalan-jalan ke toko buku di kota besar,cobalah cari buku ensiklopedia tentang astronomi.
Bila harga bukunya mahal,cobalah untuk memfotocopy dari teman anda yang punya. Bila teman anda juga tidak punya coba pinjam di perpustakaan.

Kenalilah nama-nama bintang dan konstelasi dengan mendownload peta bintang untuk ponsel. Contoh : Sideralis, Mobile Star Charts (Untuk Hp) Celestia, Stellarium, Starry night (Untuk PC)


oke..., itulah sekilas pandang tentang astronomi. gimana? sangat mudah bukan...? ayo belajar jadi astronom amatiran ....

Sekian semoga bermanfaat.

Salam astro...!

Tidak ada komentar: